Iklan

Iklan

,

Iklan

Produk Jepara Tumbler Kayu Jadi Souvenir Upacara Bendera HUT RI 79 di IKN

Kartininews
20 Agu 2024, 16:11 WIB Last Updated 2024-08-20T09:11:33Z

Jepara - Siapa sangka, produk kerajinan yang diolah warga jepara dipesan oleh istana negara RI dalam rangka menyambut HUT RI ke 79 di IKN Kalimantan. 


Perajin souvenir kayu dari Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara ini mendapat pesanan untuk membuat 300 Tumbler kayu yang dijadikan sebagai suvenir untuk para pasukan pengibar bendera (PASKIBRA) dalam upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan.

Kerajinan Tumbler Kayu atau tempat minum buatan dari jenama kriya kayu Sae Wooden yang dibuat oleh pak Danang Wahyudi menjadi orang terpilih yang dipercaya untuk menyediakan souvenir untuk para petugas PASKIBRA. Kerajinan Kayu Tumbler ini dibuat dengan menampilkan Ukiran Lambang Garuda HUT RI dan juga pohon Hayat yang ada di Kalimantan.

Pemilik UMKM Saewooden, Danang Wahyudi menjelaskan bahwa sebelum dipercaya pada acara HUT RI ini, dalam pembuatan tumbler kayu ini, Sae Wooden juga telah dipercaya dalam pembuatan suvenir dalam acara perhelatan G20 yang diselenggarakan di Bali.

“Pengerjaan tumbler kayu ini kurang lebih selama 10 hari, tetapi kita sudah menjalin komunikasi dengan Sekertariat Presiden sejak Januari 2024. Dan Pengiriman tumbler Kayu ini ke IKN akan dimulai 8 Agustus 2024,” kata Danang (8/8/2024).

Danang juga menjelaskan bahwa souvenir tumbler kayu mempunyai spesifikasi dengan volume 500 ML dan memiliki desain yang sudah ditentukan oleh pihak Sekneg yaitu dengan ukiran lambang Negara dan logo HUT ke-79 RI serta logo IKN. Selain itu juga ada pula ukiran ornamen pohon hayat yang berada di sisi sebelahnya juga ada ukiran atas dan bawah tumbler.

“Sebetulnya Sae Wooden dapat pesanan souvenir untuk tamu VVIP, souvenir tamu istana negara, dan souvenir tamu undangan. Jadi awalnya ada 3 produk yang di approche, akan tetapi yang pada akhirnya diorder hanya tumbler kayu saja untuk paskibra karena suatu kondisi satu hal lain,” jelasnya.

Danang menerangkan bahwa di dalam menjalankan tugas pembuatan souvenir ini, SAE WOODEN telah melibatkan 12 karyawan. Dan bahan produksi Kayu pun yang digunakan tidak sembarangan. Proses pengerjaan, SAE WOODEN diberikan waktu 10 hari saja untuk menyelesaikan semua pesanan dari sekertariat negara.

“Rencananya akan dikirim hari ini, memang harus lembur untuk menyelesaikan pesanan ini,” terangnya. (8/8/2024)

Harga yang ditarifkan oleh SAE WOODEN pada souvenir Tumbler kayu adalah sebesar Rp 224 ribu yang menggunakan bahan kayu jati dengan grade A dari Perhutani yang diperoleh di wilayah sekitar Jepara.

“Proses Pertama adalah pengadaan stainless. Dan Kayu baru kita amplas halus yang ada formulasi lem khusus yang kita tempelkan pada kayu,” kata dia.

Danang mengaku dan merasa bangga karena beberapa produk buatannya sudah dipercaya untuk menjadi oleh oleh atau suvenir dalam gelaran upacara HUT RI yang ke 79.

“Ya ini pertama kali dalam sejarah untuk memberikan yang terbaik pada acara HUT RI ke 79 dengan souvenir yang kami buat untuk para PASKIBRA di acara itu,” jelasnya. (NM)

Iklan